Minggu, 14 Desember 2014

Adobe InDesign

Adobe InDesign adalah perangkat lunak desktop publishing (DTP) yang diproduksi oleh Adobe Systems yang dapat digunakan untuk membuat poster, brosur, bahkan majalah atau buku.
 Adobe InDesign sering digunakan penerbit majalah, koran, biro cetak, dan biro iklan untuk mendesign produknya. Mari kita bahas mengenai sejarah Adobe InDesign terlebih dahulu. Software ini diciptakan oleh perusahaan software yang bernama Adobe System. Sering dengar kata-kata "ADOBE" kan? Biasanya yang paling sering anda temui adalah Adobe PhotoShop dan  Adobe Acrobat Reader. Ya.. memang  Adobe adalah perusahaan yang oleh awam lebih dikenal sebagai pembuat software Desktop Publishing, pengolah foto (photo editing)dan pengolahan halaman (page layout). Banyak produk lain yang sudah dia buat olehnya selain desktop publishing.Adobe pada awalnya  telah memiliki PageMaker yang dia beli dari perusahaan Aldus inc di akhir tahun 1994. Namun PageMaker memiliki banyak keterbatasan terutama jika dibandingkan dengan pesaingnya yaitu QuarkXpress. Nama InDesign waktu itu belum muncul karena masih dikerjakan oleh Aldus yang menamakan InDesign pada mulanya dengan kode panggilan "Shuksan" dan "K2". Mulai tahun 1999 Adobe mengambil alih secara penuh dan barulah muncul "InDesign versi 1.0".  Meskipun agak terlambat, tahun 2002 Adobe merilis InDesign CS. Dan Adobe memastikan kepada publik bahwa InDesign memang merupakan pengganti PageMaker yang sudah dihentikan pengembangannya. Hingga postingan ini diturunkan versi terakhir InDesign adalah CS5.5.

Keunggulan penggunaan Adobe InDesign:
  1. Adobe Indesign menawarkan efek-efek khusus yang bisa langsung diterapkan dalam dokumen.
  2. Adobe Indesign sangat mempermudah Anda dalam membuat layout majalah, buku, buletin, brosur dan sebagainya.
  3. Dapat membantu masalah pewarnaan yang akan diterapkan pada proses cetak.
  4. Mempunyai fasilitas Print Booklet yang dapat mengatur dengan sendirinya setiap pertemuan halaman, khususnya pada saat cetak (print).
  5. Penyimpanan juga bisa bermacam-macam seperti format pdf, jpg dan lain sebagainya.
Dengan menggunakan software ini, Anda dapat membuat hampir semua produk desain grafis mulai dari kop surat, brosur, cover buku, layout isi buku, majalah, bahkan bisa membuat halaman website yang bisa langsung diexport dalam bentuk HTML dan PDF (untuk membuat e-book). Menggambar berbagai macam ilustrasi (manusia, binatang, tumbuhan, maskot, orname, wayang, batik/motif kain dan sebagainya).

Area Kerja



  • Kotak hijau (Application Bar)
          Berisi file,edit,layout,type,notes,object,table,view,windows,help, yang semuanya mempuyai fungsi hampir sama dengan Photoshop.
  • Kotak Merah (Control Panel)
          Berisi untuk pengeditan layout dsb.
  • Kotak ungu (Toolbox)
          Berisi tools untuk pengeditan.
  • Kotak Kuning (Palet)
          untuk warna dan layer sama seperti di coreldraw.

Contoh- contoh hasil Adobe InDesign :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar